Jakarta Post

Portal berita dan informasi terkini

Lifestyle

4 Pilihan Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 12 Hingga 24 Bulan

4 Pilihan Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 12 Hingga 24 Bulan

Tahukah Anda memberikan makanan anak 6 bulan hingga 24 bulan ada aturannya? Sebab apabila kurang tepat bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Misalnya, sereal untuk bayi 1 tahun hanya diberikan pada bayi dengan usia 12 bulan ke atas.

Banyak ibu yang kurang memahami hal ini sehingga memberikan makanan tidak pada usia yang tepat. Bahkan ada banyak ibu masih membiarkan anak hanya mengonsumsi susu formula di usia 1 tahun. Padahal nutrisi dari susu formula saja tidak cukup, harus ditambah dari makanan juga.

Menu untuk Si Kecil Usia 12-24 Bulan

Pilihan menu untuk makanan si kecil yang sudah berusia 1 tahun ke atas semakin beragam, bahkan sudah dapat diberikan makanan orang dewasa. Namun, pastikan teksturnya bisa dikunyah si kecil, ya. Berikut beberapa pilihannya untuk Anda:

1. Nasi Lembek dengan Telur dan Sayuran Rebus

Nasi lembek bisa diberikan untuk anak dengan usia satu tahun ke atas, sebagai protein dapat tambahkan telur rebus, lalu lengkapi dengan sayuran rebus. Telur rebus bisa telur ayam, bebek, atau puyuh. Untuk sayurannya bisa wortel, bayam, brokoli atau sawi putih, pastikan teksturnya lembut dan mudah digigit si kecil. Untuk banyaknya porsi adalah sepertiga hingga setengah porsi orang dewasa dan diberikan 2 kali sehari.

2. Sereal

Sereal untuk bayi 1 tahun sudah banyak di jual di toko yang menjual perlengkapan bayi dan anak atau bisa mencarinya di supermarket. Harganya juga cukup bersahabat dengan berbagai rasa menarik. Mulai dari sereal dengan campuran berbagai buah sampai yang dicampur sayuran.

Pemberian sereal harus disesuaikan porsinya, jangan memberikan dalam jumlah besar, tapi hanya separuh dari yang biasa dikonsumsi orang dewasa. Anda juga bisa menambahkan toping yang disukai anak, misalnya buah pisang, mangga, stroberi, atau cokelat dan keju.

3. Jelly atau Puding Buah

Sebagai camilan ibu bisa memberikan jelly atau puding buah untuk si kecil. Namun, jangan gunakan pemanis buatan dan hanya gunakan gula sedikit saja. Karena makanan terlalu manis tidak terlalu baik untuk si kecil. Untuk menambah minat makan si kecil bisa bentuk jelly atau puding dengan berbagai bentuk kartun lucu menggunakan cetakan.

4. Sup Ayam dan Sayuran

Menu kesukaan anak lainnya adalah sup ayam dan sayuran, membuatnya mudah dan tidak perlu waktu lama. Anda hanya perlu memastikan memotong-motong kecil ayam dan sayurannya. Lalu pastikan tidak ada tulang ayam di makanan si kecil. Jangan berikan bumbu yang terlalu banyak, tapi lebih cenderung membiarkan rasa asli ayam dan sayuran tersebut.

Sebenarnya, memberikan makanan pada si kecil memang tantangan tersendiri, apalagi jika anak pilih-pilih makanan. Namun, ibu tidak boleh lelah memberikan berbagai varian makanan, mulai dari sereal untuk bayi 1 tahun hingga pilihan makanan lainnya.